Kisah tiga orang penyebrang jalan (mengubah kelemahan menjadi kekuatan)

dari buku pak jonru, saya sadur dg gaya saya ….

ada tiga orang hendak menyebrang jalan yang ramai dg mobil…. kita
katakan nama org itu budi, yudi, dan dudi. mereka bertiga hendak
menyebrang jalan …

si budi pertama mau nyebrang, dia takut dan khawatir ketabrak kendaraan,
akhirnya dia gak nyebrang2.
si yudi lalu pengen nyebrang, dia tidak merasa tidak memiliki kelemahan,
dia akhirnya lari menerabas jalan, akhirnya dia tertabrak dan mati
seketika.
si dudi kemudian mau nyebrang, dia gunakan logika dan perhitungannya,
mencari sela dia bisa melewati jalan, walau kadang2 harus melambai
meminta kendaraan berhenti memberi dia jalan. akhirnya si dudi sampai
tujuan.

sama seperti hidup kita, sebrang jalan adalah sasaran kita. parameter yg
kita anggap sukses dalam melakukan sesuatu. si budi adalah contoh
karakter yg takut terhadap resiko, akhirnya dia malah gak maju2, hanya
di situ2 saja. boro2 sukses, kemajuan sedikit pun tidak ada. apa anda
mau seperti org ini? kalau saya tidak mau. karena hidup terus berjalan
dan menuntut kita harus terus maju atau terlindas. orang ini terlalu
takut dg apa yg akan terjadi, dg resiko2.

kemudian si yudi, dia adalah karakter org nekad. orang yg tidak punya
rencana, perhitungan dan strategi. dia mungkin tipe yg mengandalkan
keajaiban semata. “saya percaya Tuhan akan menolong saya…PASTI!
gampang itu ntar kalo gimana2” kemudian tanpa pengetahuan, perhitungan,
strategi dan rencana, dia langsung saja mengerjakan apa yg dia kerjakan.
saat sesuatu berjalan di luar kehendaknya, dia hancur, mati, dan
berakhir semua dg berantakan. anda mau begini? saya gak mau sih …
orang ini gak takut resiko, tapi gak punya perhitungan atau rencana.
saat resiko itu terjadi dia cuman bisa garuk2 kepala bahkan marah2 sama
nasibnya.

kemudian si dudi, orang ini takut dg resiko yg terjadi, tapi dia tahu
dia harus melalui jalan ini. dia mempelajari pola kendaraan,
kecepatannya, dia pelajari situasi, pelajari resikonya, dia perkirakan
jika resiko itu timbul harus bagaimana agar bisa menanganinya. dia punya
rencana, strategi, pengetahuan dan risk management yg baik. orang ini
bisa saja celaka, namun kemungkinan telah dia perkecil dibanding yg
dilakukan yudi. saya percaya di dunia ini, tidak ada rencana yg berjalan
mulus. kalau pakai bahasa client saya POSITIF FLOW. kita merancang,
merencanakan sesuatu dg POSITIF FLOW, namun utk risk analysis, kita
harus mengenal NEGATIF FLOW. agar kita bisa bersiap menghadapi resiko yg
dapat timbul karena suatu kesalahan dalam pekerjaan.

begitupun saya gak pernah jadi Project Manager sebelumnya, saya gak tau
bagaimana Project Management Software sebelumnya. saya direkrut dan
dicemplungin gitu aja, terima kasih sama atasan saya yg baik, dia
memberi saya waktu belajar dan dia mempercayakan saya bisa menuntun
rekan2 saya…dia memberi kekuatan pada confidence level saya. saya
banyak belajar dari org2 disekeliling dan teori2 management proyek
software, termasuk banyak belajar dari dia. namun sekarang saya rasakan
pekerjaan saya sangat menyenangkan, dengan rekan2 kerja yg sangat
menyenangkan dan sangat mensupport satu sama lain, begitu pun client
kami. kami tau gimana handle resiko dan punya rencana utk dijalankan.

semoga kisah ini bisa menginspirasi kita …intinya “Resiko bukan utk
dihindari, tapi dihadapi”…bagaimana dan apa persiapan kita jika hal
buruk itu terjadi.

terima kasih atas perhatiannya.
mohon maaf kalau ada salah2 kata.
semoga bermanfaat.

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Motivasi, Tips & Trik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s