Tips agar sebisa mungkin menjaga kedekatan dengan Project Timeline

  1. Jangan bekerja sendirian: Bekerja dengan tim proyek Anda untuk mengkalibrasi PND (project network diagram) yang telah disusun, menentukan durasi aktivitas masing-masing, dan kemudian menentukan kapan waktu pengerjaan.
  2. Jangan sampai ada kevakuman: Louis B. Mayer, bosnya MGM Pictures bilang “kerjakan sekarang juga!”. Walau banyak kekhawatiran, resiko, lebih baik ada sesuatu yang dikerjakan daripada kondisi menjadi vakum.
  3. Apakah semua orang pada posisinya masing-masing: mengontrol dan memonitoring tiap member tin tetap pada waktunya, seakurat mungkin. bahkan kalau ada yang kesulitan, assign rekan yg lain utk membantunya.
  4. Jangan memberi waktu berlebihan: disebut hukum Parkinson/student’s syndrome. kalau suatu pekerjaan menurut estimasi harusnya paling lama 8 jam, jangan beri 16 jam. karena secara naluriah, seseorang akan menyesuaikan waktu menjadi 16 jam itu. bukan karena orangnya yang gak bener, tapi itu sifat alamiah jika diberi waktu sekian, orang akan dipas-pasin. pake hirarki komunikasi, high-context, medium dan low. analogikan dengan segment ini. terhadap manajemen beri pesimistic estimation, medium ya ditengah2, yang operasional beri optimistic estimation. karena saya yakin, spare waktu antar tiap level akan sangat berguna membantu kita        
  5. Jangan berfikir “ada waktu cadangan ini”: Jika dalam estimasi pekerjaan 40 hari, jangan pernah berfikir, ah masih 40 hari. kerjakan sekarang sebisa kita lakukan untuk menepatinya, bahkan mendahuluinya. karena kita gak akan tau spare waktu yang tersisa itu akan menjadi hal yang berguna dalam menjaga ketepatan waktu bekerja tim.

mudah-mudahan berguna.
terima kasih.

( Sumber : Software Project Management for Dummies – Teresa Luckey & Joseph Philips)

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in S/W Project Management. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tips agar sebisa mungkin menjaga kedekatan dengan Project Timeline

  1. adi andono says:

    sangat berguna. terima kasih ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s