Coto Makassar, Irfan Daeng Gondrong, Kebon sirih, Jakarta

Makanan ini sebangsa sama soto dan mungkin juga rawon…. ada jokes garing dari sahabat saya…

Apa bedanya soto dan coto? kalo soto pake daging sapi, kalo coto pake daging capi. garing khan? kriuk…kriuk….

Temennya soto yg satu ini biasanya disediakan dalam rasa yg hambar defaultnya. Tapi disediakan perkakas untuk meraciknya biasanya. yaitu : garem, sambel, jeruk nipis, kecap manis di meja makan. Simsalabim…prok…prok…prok…. rasanya dari HAMBAR menjadi sulit TERGAMBAR!

Kata temen saya di fb, katanya pake susu bikinnya, ada juga yang gak pake. Rasanya setelah diracik : Asam, pedas, agak asin, segarrrr…. buat yang gak suka makan “repot style”, kayaknya gak cocok… soalnya makanan sebangsa ini harus “agak repot” meraciknya ditambah gambling…kalo kebanyakan campuran bisa keasinan, kemanisan malah kemaseman… harus yg lidahnya peka hahahaha….

Sambelnya unik, saya koq melihat gumpalan tauco yah? Tapi kata temen saya yg lagi makan bareng saya ada kayak pake oncom. Tanpa sambel ini, kayaknya hidupnya tukang coto bakal susah deh! hehehehe… kidding ya Daeng!

penampakan warungnya kayak gini, letaknya di pinggir jalan. Waktu buka-nya saya gak tau, yang jelas kalau saya dateng lewat sini jam 8 atau 9, si Daeng masih siapin warungnya, tempat masaknya masih kosong, peralatan racikannya belum ada. Tutupnya juga gak tau gak perhatiin sih kalau jam pulang kantor, udah suntuk sama pekerjaan dan terbayang-bayang sampe rumah nonton DVD dan makan bareng keluarga hahahaha….

Harganya saat saya nulis blog ini, Rp. 14.000,- udah pake nasi. Defaultnya gak pake nasi. Tapi saya liat di mejanya ada ketupat lho?! Apa bisa makan pake ketupat juga yah? Apa itu ketan buat cemilan? gak tau deh… pokoknya saya ngincer Coto-nya doang yg mantep ituh!!

Buat yang tergiur ingin mencoba, ini petanya. Tau tugu Pak Tani kan? Yang ada di bunderan sebelum ke arah stasiun gambir. Nah kalo jalannya dari arah kebon sirih ke kwitang, letaknya ada di sebelah kanan deket lampu merah.

Selamat mencoba!

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Petualang Cita rasa. Bookmark the permalink.

2 Responses to Coto Makassar, Irfan Daeng Gondrong, Kebon sirih, Jakarta

  1. lala says:

    haha.. om itu ketupat pengganti nasi..
    malahan lebih cocok makan coto pake ketupat dari pada nasi😀

Leave a Reply

