Bakmi Bangka, Asong

Sebagai salah satu makanan favorit saya, mie saya bagi dalam dua kategory kelas:

  1. Mie bangka
  2. Mie ayam (including Yamien)

Kenapa begitu? karena menurut saya mie ayam dan mie bangka adalah jenis makanan yg berbeda, seperti mie bakso dengan mie goreng, kebetulan aja penampakannya mirip. Dari rasa, sudah beda jauh menurut saya. Jadi gak bisa dibandingkan secara “Apple to apple”.

Mie bangka punya cita rasa unit, asin agak manis-manis walau belum pake kecap manis. irisan daging ayamnya berbeda dg mie ayam yang kayak di suir-suir tapi dicincang. yang membuat rasanya beda, waktu sambel itu dicampur ke mie dan kuahnya. Wahhh…. gak kebayang deh, mau makan lagi kalo inget-inget ….

Kalo mie ayam umumnya gak pake toge, tapi beberapa ada yang modifikasi jadi pake toge. Secara penampilan, memang mirip sama mie ayam, tapi begitu dirasain, baru ketahuan bedanya!

Rasanya? Manis…asin… kriuk-kriuk togenya… mienya biasanya gak garing… trus dagingnya banyak kayaknya pakai kuah kaldu kental… temennya adalah bakso dan pangsit. Satu lagi yang akan membuatnya dashyat! waktu pangsit basah itu di masukin ke mie sama kuah, dikasih kecap manis… dikittt aja biar gak merusak rasa aslinya, kecap asin, saos sambel, saos cabai, kalau ada cabai iris juga boleh… kadang ada yg menyediakan… diaduk-aduk… WAHHH TOP MARKOTOP DEH!!!!!

Salah dua … karena saya sudah menambatkan hati kedua kali untuk kelas bakmi bangka ini hahaha… jadi salah dua… salah dua warung favorit yang saya rekomendasi untuk bakmi bangka adalah Bakmi Bangka Asong 98, yg halal 100%. Biasanya ada dua yg menilai enak apa ngaknya makanan… pertama saya, nanti saya bawa istri saya…terus kalo dia bilang enak… berarti masuk target operasi selanjutnya hahahaha….

Bakmi bangka Asong ini, terletak di gang buntu kecil yg berisi banyak warung makanan jadi saya cari di google map ataupun street-directory, gang ini gak ada di situ, kayak markas rahasia aja yah hahahaha… patokannya, di sebelah gedung Palma One, HR Rasuna said (Kuningan) yang ada jam gadang (besar) di atasnyayang dipake buat video klip Rosa lagu “Tegar”… kalo “Togar” sih teman saya yg dari tapanuli hahaha … terus ada SPBU sebelum gedung riverside, masuk aja di situ, nanti ada masjid gede, gang buntu itu ada sebelum masjid.

Harga kalo komplit… pake bakso & pangsit basah Rp. 12.000,- menyediakan juga makanan lain, dengan menu makanan siang sehari-hari atau chinese food. Bukanya sekitar jam 8, kadang jam 8 sambil masak sama barang-barang yang masih di meja karena baru buka dan belum beres-beres. Tutupnya saya gak tau, mungkin seperti umumnya warung makan perkantoran tutup sekitar jam 2 atau jam 3 sore.

Penampakan warungnya seperti ini ….

Buat yang mau nyoba… ini petanya ….

Selamat mencoba ya!

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Petualang Cita rasa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s