‘Penetration Power’ dalam Bajiquan

banner_tokokungfu copy

Pertama kali saya belajar Bajiquan, saya mengira tenaga yang digunakan adalah tenaga getaran yang menggetarkan tubuh dan membuat luka dalam. Mungkin ada aliran lain yang seperti itu, tetapi tidak begitu halnya dalam Bajiquan aliran kami. Beberapa aliran beladiri menggunakan tenaga getaran untuk memberi dampak merusak secara internal, bukan lebam atau memar seperti kena tinju di muka.

vibrating-power

“Penetration power”, adalah sejenis tenaga yg terjadi karena koordinasi badan yg tepat, yang mana tenaga ini sifatnya seperti merambat menembus permukaan merusak objek yang ada dibelakangnya. Sifatnya seperti menembus, tidak merusak objek di depannya, mengalir dengan halus, terlihat bagai “satu sentuhan ringan”. Shifu saya mengatakan ini teknik “rahasia” aliran kami. Tanpa ada ini! belum disebut kita melakukan Kungfu Bajiquan aliran ini.

penetration-power“Penetration Power” ini ada di setiap gerakan Baji aliran kami. Eksekusinya di akhir gerakan, bentuk tenaga seperti merambat merasuki objek yang menjadi sasaran. Latihannya sangat mudah. Cukup melatih “Side Stretch Punch” (Latihan San Chu Li) yang merupakan dasar dari latihan Baji aliran kami, biasanya kalau dilatih dengan serius “penetration power” bisa dikuasai dalam waktu 3-6 bulan, saya sendiri dibilang lulus (berhasil menguasainya) mendapat pengakuan Shifu setelah 2 bulan, dan diuji.

Pengujiannya sederhana, hanya dengan selembar kertas koran yg dilipat dua. Saya hanya perlu menggerakan “kua” sedikit, dan rahasia “40-60%”. ini juga menguji kekuatan putaran “Kua” kami dan seberapa relaks. Semakin anda bertenaga, semakin anda tidak bisa “melubangi” kertas koran itu. Kata Shifu saya, tenaga yg harusnya merambat melewati tangan kita, terhambat otot, jadi yang meluncur adalah tenaga otot yg berat dan lambat, sehingga akan “menghancurkan” kertas, atau malah “gak bisa melubangi”.

Tidak berlebihan kalau dikatakan “penetration power” ini dapat menembus baju besi sekalipun, karena tenaga ini tidak tertahankan. secara halus merambat, melakukan penetrasi jauh melampaui jarak pandang sasaran.

Ada 2 tipe jenis tenaga ini:

  1. Jarak Pendek
    yaitu hanya dengan menyentuh tangan ke objek (tentunya bukan “sentuhan biasa”)
  2. Jarak panjang
    Teknik serangan dalam jarak pendek, ditambah perenggangan tangan dan proyeksi tenaga ke balik sasaran yang terlihat.

Teorinya sangat mudah (tentunya gak bisa saya paparkan di sini, namanya juga “rahasia”). Tapi gak bisa dicapai tanpa latihan yang rajin dan mengulang-ulang sampai dapat “feel”-nya. Bagi saya cuman masalah “rajin” apa “enggak” saja. Percuma saja anda belajar jurus kalau tidak menguasai dasar ini, jurus anda kosong, anda tidak melakukan Bajiquan, hanya melakukan gerakan-gerakan yang mirip Bajiquan

Shifu saya mengatakan “Satu sentuhan ringan”, namun dapat melumpuhkan lawan dengan fatal!

Perguruan Energi Alam Semesta-宇宙混元氣武館

http://www.perguruanenergialamsemesta.com
http://www.indonesiabajitaichi.com
http://www.tokokungfu.com
FB : perguruanenergialamsemesta

Twitter : @MyEnergiAlam
Phone: +62-815-9396-122
e-mail: perguruanenergialamsemesta@gmail.com

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to ‘Penetration Power’ dalam Bajiquan

  1. wibi says:

    permisi oom, numpang tanya, belajar bajiquan di di jakarta dimana ya?
    terima kasih

  2. Rheinaldo says:

    Assalamualaikumwr wb,

    Salam kenal Pak, saya cukup terkesan dengan videonya kaiyu’s Baji Quan karena kebetulan saya juga seorang praktisi baji quan yang baru belajar nih, masih kerap belajar Horse stance, kalau boleh tahu Pak Martin belajar Baji Quan aliran mana ya? Krn cukup jarang pula Baji Quan di Indonesia ini..

    Mungkin itu saja sebagai salam perkenalan. Mohon maaf apabila ada salah2 kata.

    Wassalamualaikum wr wb

    • upmar102wong says:

      Wa’alaikumsalam wr wb,

      Belajar dimana? sama siapa? mungkin saya kenal.
      Shifu saya murid Wang Xide, yg kalo ditarik alurnya wei hongbin berarti aliran Han.
      Salam kenal🙂

      Wassalamu’alaikum wr wb

  3. andika says:

    Assalamu’alaikum wr wb
    pak saya belajar kuntao aliran butong pai, hemm bz g klau sya bljar baji quan lbh spesifik, blh tau tmpat latihannya d mna sja, soalnya sya berada d papua pak, nama sya Andika,.

  4. Yahya says:

    Keren banget Pak Martin, Ba Ji Quan aliran Han yang Bapak latih dan kuasai, Sifu saya sering menceritakan betapa “membosankan” dan panjang waktu berlatih Ba Ji ini, sehingga banyak murid yang kandas berhenti latihan di tengah jalan. Di antaranya banyak yang merasa bosan karena gerakan dalam sistem Ba Ji yang nampak “sederhana”, serta penekanan pada latihan kuda-kuda (Ma Bu) yang sering bikin orang frustasi (hehehe…). Oya, adakah video Pak Martin sedang menggunakan Six Harmony Spear? Pingin lihat. Salam hangat dari Depok. Wassalam

  5. Doni says:

    Pak, saya tertarik belajar bajichuan.. Ada info untuk tempat belajar di surabaya ? Cari info sana sini tidak dapat..

  6. Assalamualaikum. pak untuk daerah karawang ada tidak tempat belajar bajiquan?

  7. bahrul says:

    om numpang nanya kalo di medan belajar bajiquan dimana terimakasih

  8. toni says:

    DH. Pak Martin

    Pertama kenal Bajiquan dari komik Kenji…Deng Lie Syo Bun sebagai pendekarnya..
    Setelah Saya Telusuri ternyata ada Aslinya..
    Apakah Bajiquan bapak….masih ada hub dengan perguruan Lie Syo Bun ?

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s