Latihan Zhan Zhuang

Dalam Bajiquan aliran kami, ada fase awal yang disebut latihan zhan zhuang. Secara harfiah diartikan latihan berdiri. Hal yang sama juga digunakan dalam Chen Style Taichi yang di ajarkan di perguruan kami.

Kami tidak menyebutnya latihan kuda-kuda seperti yang banyak orang katakan. Dan tujuannya pun tidak hanya sekedar “menguatkan kuda-kuda”. Karena itu lebih dari sekedar melatih ketahanan kuda-kuda.

Lalu apa manfaatnya? Kuda-kuda yg kuat? So pasti, kalau anda rajin berlatih ini, dalam hitungan 1-2 bulan, dengan syarat saya katakan “Anda berlatih ini setiap hari 10-15 menit” saja, ini akan memperkuat ketahanan kuda-kuda anda. Saya berani jamin itu, tergantung kejujuran anda terhadap diri anda sendiri benar-benar melatih atau tidak.

Apakah hanya sekedar kuda-kuda yang kuat? Jangan heran kalau saya katakan di sini, kuda-kuda yang kuat itu hanya merupakan efek sampingan, kelebihan yg anda dapatkan selain kelebihan-kelebihan utama yang lebih penting lainnya. Satu persatu akan kita bahas kelebihannya:

  • Struktur tubuh yang baik

Beberapa point yang harus diperhatikan dalam melatih pose ini, menegakan badan, dada hampa, menarik punggung, relakskan bahu, relakskan tulang pinggul, memasukan bokong ke dalam, memasukan lutut, menurunkan sikut, dsb. Berkaitan dengan struktur tubuh ideal yang saling topang menopang satu sama lain, sehingga beban tubuh secara sempurna jatuh ke tanah.

Berapa lama sudah kita hidup, kadang hal-hal kecil ini luput dari kehidupan sehari-hari, mendorong mobil, mendorong objek-objek berat, mengangkat aqua galon, bahkan yang setiap hari kita pasti lakukan, berjalan saja. Dihitung jumlah usia anda, kali hari, kali jam, kali menit, anda melakukan postur yang tidak sehat dan menumpuk setiap harinya. Berapa investasi kerusakan hari tua yg sudah kita tabung setiap harinya?

Banyak orang tua yg saya kenal mengalami sakit pinggang, dan yang paling besar jumlahnya adalah sakit lutut. Ini hanya karena posture berjalan yg salah yg menumpuk sejak usia muda.

1-pic-complex

  • Relaksasi

Zhan zhuang, dikatakan Shifu saya tahap awal adalah “membuang energi kotor, diganti dg yg baru”. Saya pekerja IT kantoran, mungkin sebagian anda juga bekerja kantoran seperti saya. Berhadapan dg orang-orang menyebalkan, emosi. Pekerjaan yang kadang mengesalkan. Hal itu membuat tensi kita semakin tinggi, ketegangan yang tercipta lebih sering tanpa disadari daripada secara sadar yang dilakukan berhari-hari bertahun-tahun dalam usia produktif kita.

Zhan zhuang dikatakan adalah meditasi berdiri, merelakskan tubuh bagian atas, membuat tubuh bagian bawah kokoh seperti akar pohon. Dalam Zhan zhuang, tidak dilakukan konsentrasi yg membuat anda semakin tegang karena harus fokus, tetapi dekonsentrasi. Merenggangkan syaraf-syaraf yang kencang karena kegiatan sehari-hari kita yg penat. Menenangkan pikiran, jiwa, menenangkan semua organ tubuh kita. Mensyukuri dan menghargai mereka masih bekerja dg baik mensupport hidup kita sehari-hari.

6-pic-kesehatan

  • Latihan mental dan spiritual

Tepatnya disebut latihan pikiran, pada tahap lebih lanjut, anda akan dilatih menggunakan pikiran untuk memindahkan rasa sakit. Menggerakan energi….sesuatu yg bergerak-gerak dalam tubuh kita.

Latihan pikiran membantu anda juga percaya diri. Karena katanya pikiran kita adalah segalanya, pikiran kita yang menentukan siapa kita. Dengan melatih ini, anda menjadi lebih percaya diri, berorientasi solusi. Karena anda akan berpikir berfokus pada tujuan dan mencari jalan menghadapi rintangan dalam kehidupan sehari-hari. Mental anda akan menjadi lebih kuat!

  • Mengolah tenaga internal

Pada tahap lebih lanjut, diajarkan menggunakan tenaga internal. Yang dalam pemahaman kami adalah mekanisme tubuh. Penggunaan otot yang berlebihan, kurang baik pada hari tua saat performa menurun. Berbeda dengan tenaga internal yang akan terus dapat digunakan walau sudah tua nantinya.

Manfaatnya dapat kita lihat, lebih luas dari sekedar untuk berkelahi atau ilmu beladiri. Ternyata bisa mempengaruhi gaya hidup anda sehari-hari, insvestasi kesehatan di hari tua khususnya bagi yang muda yang sehari-hari bergelut dengan aktifitas perkantoran.

Jika anda ingin mencoba, bisa datang ke perguruan Bajiquan dan Taichi Chuan kami di Jakarta pada cabang-cabang yang tercantum di http://www.perguruanenergialamsemesta.com.

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s