Melangkah dengan “KAKI”

Kebiasaan kita, tanpa kita sadari bahwa kita sering berjalan dengan “BADAN” bukan dengan “KAKI”. Seolah badan ini yang membawa kita kemana kita mau pergi, badan kita mendahului kaki.

Tidak heran, kita menjadi mudah tersandung, terpeleset, dan mengalami gangguan-gangguan pada tubuh bagian bawah karena kita berdiri dan berjalan dengan posisi yang salah.

Terlihat sepele memang. Namun tanpa disadari kebiasaan buruk ini sehari dua hari, sebulan, beberapa bulan, tahunan dan puluhan tahun menjadi kebiasaan dan menumpuk dalam tubuh kita. Investasi penyakit…singkat kata. Gangguan seperti stress, depressi juga bisa disebabkan hal demikian karena badan mendahului kaki, akibatnya dada dan kepala bergantung tanpa penopang, akibatnya titik berat badan jatuh di kepala dan dada. Terasa banyak beban pikiran dan di hati akhirnya. Pada prinsip Taichi adalah “mengkalibrasi tubuh kita, mengembalikan semua fungsi sebagaimana ia telah didesain-Nya”.

Kaki gunanya untuk berjalan, bukanlah badan. Maka dalam hal ini kita akan membiasakan berjalan “menggunakan kaki”. Aneh rasanya mendengar ini, tapi tanpa kita sadari begitu adanya, langkah kita akan terhambat jika ada halangan sedikit saja pada kaki kita. Menunjukkan fondasi kita lemah, struktur tubuh bagian bawah kita lemah.

Padahal kaki memegang peranan penting, untuk stabilitas, mendeliver tenaga dari bumi ke seluruh badan yang akan kita gunakan untuk berbagai macam kegiatan. Apalagi dalam permainan tuishou, peranan kaki ini dapat mempermudah kita mendeliver tenaga dari bumi ditransfer ke arah lawan. Sehingga tanpa memaksa dan upaya yang keras kita dapat mendorong lawan dengan mudah.

Tentunya dengan berjalan dengan “kaki” posisi jalan anda menjadi stabil, pijakan mantap dan memiliki keseimbangan yang jauh lebih baik.

Melangkah dengan KAKI

http://www.perguruanenergialamsemesta.com
https://www.facebook.com/perguruanenergialamsemesta
https://www.facebook.com/groups/forkaba
https://twitter.com/MyEnergiAlam

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s