Osteo Artheritis & Taichi

Pada hari Selasa, 3 November 2015, Perguruan Energi Alam Semesta diundang sebagai narasumber dalam acara Talkshow Osteoarthritis bersama dr. Adrian W.Tarigan, Sp.OT dari RS Jakarta, dan diliput oleh kurang lebih 40 wartawan dan jurnalis.

Acara ini diprakarsai oleh SOHO dalam kegiatan rutinnya sosialisasi seputar kesehatan bersama Departement Kesehatan. Acara ini diadakan di hotel Millenium, Jakarta.

Dikutip dari :

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151103221105-255-89288/olahraga-pencegah-nyeri-sendi-berbahaya/

Jakarta, CNN Indonesia — Ada beberapa latihan fisik yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya nyeri sendi yang diakibatkan penipisan sendi atau osteoarthritis (OA). Anda bisa memilih berenang, bersepeda, atau berjalan dengan kecepatan biasa dan cara berjalan yang benar.

Tak hanya sampai di situ, sebuah penelitian terbaru dari Universitas British Columbia di Kanada menambah daftar latihan fisik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah OA. Tai Chi dipercaya dapat mencegah dan membantu penderita OA.

Tai Chi merupakan olahraga tradisional dari China yang memiliki gerakan lambat, pernapasan yang dalam, dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi.  Pendiri Perguruan Tai Chi Energi Alam Semesta Martin Rizal Soeparpto mengatakan Tai Chi berguna untuk penderita OA karena mengajarkan keseimbangan pada sendi.  Jika kebanyakan orang memusatkan berat tubuhnya pada sebuah sendi yaitu lutut, orang yang biasa melakukan Tai Chi tidak memusatkannya di satu titik saja, tapi membaginya ke sejumlah sendi yang ada di tubuh.

“Tai Chi memperhatikan sembilan sendi utama yang ada di tubuh, yaitu leher, bahu, dada, pinggang, pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku, pangkal paha, dan lutut,” kata Martin dalam diskusi berjudul Osteoarthritis dan Manajemen Penanganannya hang diselenggarakan oleh Soho Global Health di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (3/11).

Tai Chi juga dipercaya bisa memperbaiki dan mengatur struktur tubuh melalui gerakan yang melibatkan sendi. Pada akhirnya, postur tubuh dan bentuk tulang akan ideal.  Untuk membuat postur tubuh menjadi baik, ada juga lima gerakan pantangan dalam Tai Chi yang tidak boleh dilakukan. Misalnya seperti bahu yang tidak boleh naik, tangan tidak boleh bergerak, pinggang tidak boleh maju atau mundur, dan lutut yang tidak boleh naik turun.

“Tai Chi memfungsikan anggota tubuh sebagaimana mereka didesain,” ujar dia.

Martin mengatakan, selama ini banyak orang yang melakukan aktivitasnya sehari-hari tanpa memedulikan benar atau tidaknya cara mereka menggerakkan tubuh. Dari hal yang sederhana saja seperti berdiri atau berjalan banyak orang yang tidak melakukannya dengan benar.

“Menurut prinsip Tai Chi berdiri harus lurus supaya berat badannya jatuh di lantai. Lututnya jangan dikunci,” kata Martin. “Kebanyakan dari kita, berjalan pakai tumit, dan badan duluan yang maju, bukan kaki. Seharusnya kaki dulu yang melangkah.”

Menurut Martin, jika badan yang bergerak lebih dulu ketika berjalan ketika ada yang menahan, badan tidak akan berpindah posisi. Cara berjalan yang benar adalah menekan lutut ke depan sampai bisa maju.

“Tai Chi itu preventif buat OA. Untuk menjaga struktur tubuh dan memperbaiki kebiasaan yang jelek seperti berdiri dan jalan,” ujar Martin.  (les/les)

 

Perguruan Energi Alam Semesta-宇宙混元氣武館

http://www.perguruanenergialamsemesta.com
http://www.indonesiabajitaichi.com
FB : perguruanenergialamsemesta
Twitter : @MyEnergiAlam
Phone: +62-815-9396-122
e-mail: perguruanenergialamsemesta@gmail.com

IMG20151103124710 IMG-20151103-WA0035 IMG-20151103-WA0042 IMG-20151103-WA0037 IMG-20151103-WA0038 IMG-20151103-WA0019 IMG-20151103-WA0021 IMG-20151103-WA0025 IMG-20151103-WA0026 IMG-20151103-WA0030 IMG-20151103-WA0032 IMG-20151103-WA0033 IMG-20151103-WA0034 IMG-20151103-WA0036 IMG-20151103-WA0039 IMG-20151103-WA0043 IMG-20151103-WA0044 IMG-20151103-WA0045 IMG-20151103-WA0046 IMG-20151103-WA0048 IMG-20151103-WA0047

Beberapa liputan media:

BeritaDetik.com-Kiat cegah radang sendi lutut waktu berdiri - Portal BeritaDetik rimanews.com-Ini Cara Cegah Radang Sendi Antara News-Kiat cegah radang sendi lutut saat berdiri - ANTARA News Metrotvnews-Mengobati Nyeri Sendi dengan Tai Chi Sriwijaya Post-Rutin Latihan Tai Chi, Atasi Nyeri Sendi - Sriwijaya Post Pos Kota-Kurangi Nyeri Sendi Dengan Olahraga Tai Chi - Poskota News Merdeka.com-3 Kunci sehat untuk redakan nyeri sendi _ merdeka Okezone.com - Gerakan Tai Chi Bantu Penderita Osteoarthritis - Health __ Okezone Lifestyle Tempo.co.id-Tai Chi, Cocok untuk Penderita Osteoarthritis_ _ Tempo Gaya Lampost.co-Mengobati Nyeri Sendi dengan Tai Chi _ Berita Online Lampung _ lampost Harianaceh.co.id - Benarkah Bela Diri Tai Chi Cocok untuk Para Penderita Osteoarthritis_ CNN Indonesia.com-Olahraga Pencegah Nyeri Sendi Berbahaya Indopos-Osteoarthritis dan Manajemen Penanganannya Warta Kesehatan-Cegah Osteoarthritis Dengan Tai Chi Suara.com-Tai Chi Efektif Bantu Atasi Nyeri Sendi

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s