8 Metode / 8 Gerbang Taichi 太极八法/八門

Disebut dengan berbagai macam sebutan, metode, gerbang, energi, tenaga, dsb. Intinya 8 metode ini yang mendasari semua gerakan di taichi, tanpa ini tidak ada Taichi, hanya gerakan biasa.

8 metode ini melingkupi semua gerakan di taichi dalam level yang lebih detail, sehingga dalam setiap gerakan selalu “penuh”, tidak goyah dan tidak mudah dipatahkan. Walau terlihat lembut, lambat, namun tersimpan tenaga internal dalam setiap gerakannya “baja berbalut kapas”.

Yin-yang sebagai simbol yang digunakan dalam Taichi, adalah prinsip yang mendasari 8 metode ini. isu sentral di Taichi adalah “Keseimbangan Yin-Yang”. Kosong dan isi harus jelas dalam setiap gerakan. 8 metode ini merupakan konsep yang menggambarkan prinsip interaksi antara yin-yang dalam Taichi, yang nantinya dituangkan dalam setiap jurus-jurusnya.

8 metode ini dipisahkan secara garis besar antara “empat besar (terlihat)” dan “empat kecil (tersembunyi)” Dimana empat metode awal adalah dasar, dan empat lainnya adalah pengembangan dari 4 yang besar. Terjemahan kedelapan metode ini kiranya tidak sepenuhnya tepat lebih menggunakan pendekatan pemahaman secara definitif.

Empat besar / terlihat

Peng / 掤 / Wardoff

Digambarkan sebagai pose siaga, disebutkan sebagai posisi siap dari segala arah. Ada “peng luar” dan “peng dalam”. Adalah tenaga yang bersifat horizontal, melambungkan lawan dalam bentuk parabola. Saat saya belajar dikatakan “seperti menggantung figura”.

Lu / 捋 / Rollback

Digambarkan dalam gerakan menarik lawan, Lu adalah manifestasi dari tenaga yang menarik lawan ke posisi belakang kita, menarik lawan mendekati core kita.

Ji / 擠 / Squeeze

Digambarkan dengan posisi tangan yang didorong dengan tangan lain. Merupakan tenaga yang dihasilkan dari pemampatan dua objek seperti gunung meletus. “Ji” juga diartikan sebagai metode untuk penetrasi masuk ke pertahanan lawan. Menarik diri kita mendekati core lawan, kebalikan dari Lu.

An / 按 / Push (down)

Digambarkan sebagai sikap/posisi mendorong. An sebenarnya adalah tenaga interupsi, yang menginterupsi tenaga lawan yang datang secara tegak lurus / 90 derajat.

Empat kecil / tersembunyi

Cai / 採 / Pluck

Digambarkan mirip seperti Lu, hanya saja Cai adalah tenaga yang sifatnya memisahkan. Tenaga yang datang dipisahkan dari intinya. Seperti kita memetik buah dari pohon.

Lie / 挒 / Split

Digambarkan seperti tehnik mematahkan. Lie adalah manifestasi dari menggeser center dari tenaga dan inti. Terdengar mirip dengan An, hanya saja An bersifat mengalihkan tenaga, Lie ini bersifat mematahkan. Sama seperti Cai, mematahkan tenaga dari intinya, hanya saja Cai seperti dipetik / ditarik sampai copot, kalau Lie ditarik lalu dipatahkan di tengahnya.

Zhou / 肘 / Elbow

Digambarkan menggunakan teknik sikutan untuk menyerang lawan. Dalam dialek daerah di Tiongkok, Zhou diartikan bukan sikut tapi “memutar”. Hingga beberapa master taichi, memandang metode satu ini secara berbeda, walau secara umum lebih banya dipahami sebagai serangan sikut. Manifestasi dari tenaga memutar, yang memutar inti lawan, terhadap posisi inti tenaga kita.

Kao / 靠 / Lean or bump

Digambarkan sebagai hantaman badan. Kao adalah pemisahan yin-yang antara inti tenaga kita relatif terhadap platform / tanah / bumi. Tenaga yang terkompresi, dimampatkan tidak bergerak, digeser menabrak lawan. Menabrak bisa dilakukan semua anggota tubuh yang sudah dilatih.

Terima kasih atas perhatiannya.
Semoga bermanfaat.

http://www.indonesiabajitaichi.com
http://www.perguruanenergialamsemesta.com
https://www.facebook.com/perguruanene…
https://www.facebook.com/groups/forkaba
https://twitter.com/MyEnergiAlam
P : 0815-9396-122

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s