Perjalanan Studi Banding Kungfu Bajiquan ke Tianjin

Minggu, 30 Okt 2016. Saya berangkat ke Tianjin, untuk memenuhi panggilan Shifu saya untuk berlatih di sana. Beliau juga akan mengenalkan saya ke beberapa orang guru Kungfu Bajiquan yang dia kenal baik di Tianjin.

img20161102115135
Datang dengan nekad, karena bahasa mandarin yang jelek banget, dan ga tau kondisi dan daerah yang akan saya kunjungi. tidak ada relasi di tempat yang akan saya datangi.

Saya sampai sekitar jam 7.25 pagi di Tianjin, dan disambut guru saya siangnya untuk makan siang bareng.

img20161031204721
Malam harinya kami memulai latihan. Karena sebenarnya saya sudah mempelajari semua materi latihan, yang sebelumnya di pengajaran diselesaikan oleh Suheng saya di Jakarta, Daan Mogot (Tanjung duren). Jadi kedatangan saya kali ini lebih kepada koreksi dan evaluasi, sekaligus latihan materi khusus tingkat lanjut.

Pada hari pertama latihan lebih kepada latihan internal tingkat lanjut. Setelah makan siang bareng, latihan tertutup dan merupakan materi tingkat lanjut (tingkat lebih tinggi). Dan beliau mengatakan latihan ini belum ada yang menguasai di antara murid-muridnya. Kami melakukannya melalui media push-hands.

Latihan sekitar 2 jam, dan saya menyadari bahwa saya masih sangat jauh dari Guru saya. Dan saya kesulitan memahami dan menguasai pengajaran siang ini. Tapi okelah! Ga perlu berkecil hati, toh yang lain juga belum menguasai hahaha ….

Keesokan harinya, latihan di mulai malam hari setelah makan malam. Dimulai dengan koreksi dan pendalaman Jin Gang Bashi, menambahkan beberapa materi advance ke dalam materi jurus-jurus yang sudah saya pelajari sebelumnya.

Suhu udara berkisar 2-3 derajat celcius malam itu, latihan kiranya berkisar 2-3 jam, karena kami di lapangan dan tidak ada jam. saya ingat kami mulai sekitar 7.30 malam sampai selesai sekitar jam 10.30 malam. Karena udara sangat dingin, dan baju tipis, karena saya buka mantel dan baju dingin karena latihan ini menghasilkan perasaan hangat. Walhasil tanpa terasa, flu menyerang dengen ingus yang mengalir deras hahaha ….

Latihan berakhir cukup larut, karena kami ga bisa lihat jam di lapangan. Udara dingin, beruntung warung makan muslim dekat hotel saya masih buka. Jadi bisa makan semangkuk besar Lamien daging sapi kuah hangat untuk melawan flu dan hawa dingin. Di sini cukup murah harga Lamien daripada di jakarta hahaha

img20161102221228

Latihan hari ketiga, merupakan koreksi Xiao Baji dan aplikasinya. Penggunaannya dalam pertarungan dan push-hands. Sebenarnya sore ini ada latihan bersama dengan murid guru saya yang dari Shandong, seorang praktisi Xinyi Liuhe. Sayang terjadi miskomunikasi, sehingga kami tidak berlatih bersama. Beliau sudah latihan duluan sorenya.


Lagi-lagi latihan berakhir cukup larut malam. Dan dilanjutkan makan Lamien hangat berkuah lagi melawan udara dingin ….

img20161103132527
Keesokan paginya Shifu saya mengajak ke Changhong Park, tempat berlatih para beladiriwan di Tianjin…. tempat yang menarik …. sepanjang jalan yang saya jumpai kebanyakan Taichi dengan berbagai macam aliran …..

img20161104110621

Ada yang lagi nari …. tapi ga ngerti tarian apa, Guru saya bilang tarian Xinjiang …..

Beliau memperkenalkan pada temannya di Amerika. Shifu Bai, merupakan Bajiquan aliran Wu, dari jalur Wu Xiufeng. Beliau berasal dari sekolah kungfu Baji Wu Xiufeng Tianjin. Shifu Bai ramah, dan memiliki bahasa inggris yang bagus, sehingga saya tidak kesulitan berbicara dengan beliau.

img_20161105_163157
Shifu memperkenalkan saya dengan Shifu Yang. Beliau adalah President of Tianjin Baji Association, merupakan murid dari Wu Xiufeng Baji school dan Shifu di Tianjin Baji Room. Beliau orang yang ramah, humoris dan jenaka, suka bercanda. Tapi jangan main-main dengan beliau, reputasinya sebagai President Assosiasi sudah terkenal, kalau ke toko-toko senjata, atau tempat latihan beladiri dan tahu sekolah Baji Wu Xiu Feng, orang akan mengenal beliau.

Konon komunitas Bajiquan di Tianjin menyebut beliau mencapai taraf serangan satu pukulan. Satu serangan, langsung mematikan …. mengerikan, dan ga bisa percaya melihat perangai dan kelakuannya saat berkumpul ….. hiiiiii ….

with-shifu-yang
Selama kunjungan, kami bertukar pengetahuan dan informasi. Mendiskusikan beberapa hal teknis. Membahas beberapa perbedaan dalam Bajiquan aliran kami. Guru saya belajar aliran Zhang dari Wang Xide yang masih hidup di kota lain, yang berjarak sekitar 3 jam dari Tianjin. Kakek Guru Wang adalah murid Zhi Qingkun, yang merupakan jalur Wei yang juga jalur Han dan Zhang. Wei Hongbin dan Wei Hongen terkenal di masa mereka saat di Tianjin.

img20161104115523 img20161104115539 img20161104120246
BTW, saya salah kostum. Karena infonya adalah makan siang bareng, jamuan dari Tianjin Baji Association. Ternyata harus perform juga hahaha …. Walhasil saya jadi paling formal di sini ….

Lumayan khan? memperkenalkan batik INDONESIA hahaha ….

Acara dilanjut dengan makan siang bareng, di restoran muslim terdekat. Oh di Tianjin ini, tidak sulit menemukan restoran muslim. Sebenarnya saya satu-satunya muslim di sini, saya juga ga tau kalau restoran muslim dekat sini ada. Saya sampaikan bahwa asalkan ga makan babi dan minyak babi gapapa (karena saya gak tau situasi dan lokasi). Tapi mereka menghormati dan menghargai saya, walau mereka para tetua di Tianjin. Ternyata restoran muslim juga ga jauh dari sini.

Agak beda dengan di Indonesia, kalo praktisi Kungfu yang sering saya jumpai membahas asli-ngak, benar dan salah …. SUMO lah kalo saya bilang (Susah Move-on). Di Tianjin ini para guru juga gosip, walau mandarin saya payah. Saya kenal dengan orang-orang yang mereka sebut, dan beberapa istilah. Karena sambil makan dan ngobrol juga mereka memperlihatkan beberapa gesture sambil duduk. Jadi sedikit-sedikit ngerti apa yang dibahas.

Di sini yang didebatkan bukan asli atau ngak, karena mereka udah pada gak peduli dengan orisinalitas. Mereka berdebat soal efektifitas dan keunggulan setiap teknik. Dan sesekali juga saling coba.

img20161104123912 img20161104124553 img20161104125219 img20161104133533

Para Baji Masters di Tianjin, walau gak semua bisa hadir ….

tianjin-masters
Pada kesempatan ini Shifu saya juga menyampaikan maksudnya, menitipkan saya kepada Shifu Yang untuk menjadi muridnya. Dan saya agak terkejut saat murid seniornya yang menjadi sahabat saya bernama Yang (juga) menyebut “We are family” ….

Mulai hari ini, kami mempererat persahabatan dan persaudaraan …


Sejak hari itu, saya menjadi bagian Tianjin Baji room yang dipimpin Shifu Yang ….

img20161104133746
Anggota perguruan total sekitar 30 orang, kebetulan ini hari kerja. Jadi yang latihan hanya sedikit, dan lebih banyak saat weekend, sabtu dan minggu. Sabtu pun tidak terlalu banyak, karena sebagian banyak yang bersekolah dan bekerja.

img20161104133826
Bersama sahabat-sahabat baru, jalan-jalan menikmati Tianjin. Ini senior saya Yang dan Xie Fei yang banyak membantu saat latihan.

img_20161105_163238
Beberapa hari di Tianjin latihan bersama mereka, karena pagi hari Shifu saya harus bekerja mengurus perusahaannya dan keluarganya di Tianjin. Siang atau sore/malam baru bertemu beliau untuk berlatih lagi.

img20161101174717
Sesekali jalan-jalan menikmati jajanan makanan pinggiran jalan di Tianjin ….

img20161101210754
Hari terakhir dihabiskan dengan latihan bersama teman-teman di Tianjin Baji room dan Shifu Yang.


Terkesima dengan performance seorang anak di grup ini. Saya kira dia murid dari Shifu Yang, ternyata anak ini titipan saudara seperguruannya. Pantesan cara dia memainkan Xiao Baji agak lain.


Performance anak ini menarik. saya minta ijin mengambil gambar karena dari tadi melihat latihan dia bagus gerakannya. Anak ini bukan group Tianjin Baji room (grup Shifu Yang), tapi merupakan murid dari saudara seperguruannya yang dititipkan.

Menariknya, walau satu lineage, variasinya bisa beda. bisa dilihat dari form maupun mekanika geraknya agak beda. Namun bisa latihan sama-sama bahkan dititipkan.

Sama seperti saya, walau beda aliran, dititipkan juga berlatih di sini. Menarik bukan keakrabannya?

Latihan diakhiri dengan materi dasar Xingpi-1 dan pemberian cinderamata kepada Shifu Yang. Dan saya akan kembali lagi ke sini saat ke Tianjin lagi nanti, untuk memenuhi janji saya melanjutkan latihan Bajiquan aliran Wu.


Latihan bersama Shifu saya pun di tutup dengan review latihan selama beberapa hari di Tianjin. Koreksi dan pendalaman materi. Lalu dilanjutkan ngobrol ngalor ngidul seputar kelompok Baji kami, Tuishou, Perguruan Energi Alam Semesta-宇宙混元氣武館 dan beberapa hal tentang saudara-saudara seperguruan saya, curhatan beliau.

Obrolan berlangsung sampai larut malam, karena saya lapar banget, saya pamit pada Shifu saya, sekalian “sungkem”, dan nampaknya beliau menahan kantuk berat bela-belain buat ngobrol ngalor-ngidul sama muridnya yang satu ini hahaha

with-my-shifu
Senin Pagi 7 November 2016, saya harus meninggalkan Tianjin untuk urusan bisnis TokoKungfu di kota lain. Akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal Tianjin, sampai jumpa lagi! Saya akan datang lagi tahun depan untuk memenuhi janji saya pada guru-guru saya ….

img20161107074744 img20161108115810

Pengen tahu cara latihannya lebih jelas? Silahkan bergabung bersama kami ….

Tempat : Di Gedung KNPI Rawamangun, Jalan Velodrome No.65, Pulo Gadung. 2x seminggu.

Waktu :
Setiap Kamis, 19.00 s/d 21.00 WIB
Setiap Sabtu, 08.00 s/d 10.00 WIB, 14.00 s/d 16.00 WIB

Gratis Trial 1x kehadiran!!

Buruan quota terbatas HANYA 20 ORANG setiap kelas-nya!

Informasi lebih lanjut, hubungi:
Pin BB: D2191EEC
Telp : 0815 9396 122

http://www.perguruanenergialamsemesta.com
http://www.indonesiabajitaichi.com
FB Fans Page :
Perguruan Energi Alam Semesta-宇宙混元氣武館
FB Group : Forum Komunikasi Kungfu Bajiquan
Twitter : @peasindonesia
IG : @peasindonesia
Copyright @ 2016 Perguruan Energi Alam Semesta
All rights reserved.

About upmar102wong

Seorang Planner, Pengatur strategi, negosiator, consular, advisor, mentor, mediator. bangga dg istri yg cantik, pandai, solihah. dia seorang dokter. sekarang saya seorang Development Manager di suatu IT Consulting. Saya suka banget sama kungfu, saya belajar Pa'chi chuan dan Taichi chuan sejak 1998 dari seorang shifu dan seorang guru. saya suka main catur igo, suka baca, nonton film juga. suka bersahabat dg banyak org.
This entry was posted in Ilmu Beladiri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

