TaiChi Chuan

Perhatian : Kami sudah tidak ada latihan di Senayan lagi, untuk bergabung silahkan kunjungi Perguruan Kungfu Bajiquan dan Taichi Energi Alam Semesta ( 0815 9396 122 )

Taichi adalah sistem beladiri yang kompleks yang sudah cukup lama. Beberapa sumber membedakan silsilah Taichi secara Legenda dan Historis. Dari sisi legenda Taichi diperkenalkan oleh seorang Tokoh bernama Chan sanfeng. Sedangkan dari sisi historis, Taichi mulai diperkenalkan oleh praktisi Taichi Chen Wangting sekitar 1580 s/d 1660. Dari beliau turun temurun, muncul varian-varian baru aliran keluarga Chen dan aliran-aliran baru lain seperti Yang, Wu, Sun, dst.

Secara garis besar Taichi aliran Chen terbagi dua varian, yaitu bentuk lama (Lao chia) dan bentuk baru (Hsin Chia). Saya sendiri diajarkan bentuk baru oleh guru saya Ko Welly Kwan. Beliau mempelajarinya dari seseorang praktisi Taichi aliran Chen di China secara insidensial. Kemudian mengajarkannya kepada saya dan beberapa sahabat saya pada 1998 akhir di Bandung. Ada beberapa aturan yang HARUS diikuti saat latihan Taichi agar beladiri ini bekerja sesuai tujuannya, ringkasnya sebagai berikut:

  • Bumi berotasi, berputar mengelilingi matahari (lingkaran besar, kecil)
  • Mau ke kanan kiri dulu, mau naik turun dulu, dan sebaliknya
  • Tenaga seperti capung (menyambar sesaat)
  • Satu bergerak, semua bergerak, satu berhenti semua berhenti
  • Tiap gerakan adalah kesatuan, dari ujung awal sampai akhir merupakan 1 jurus yg tak terpisahkan
  • Keras dan lunak harus harmonis
  • Kosong dan isi, tenaga bersilangan
  • Tidak terlalu lambat, tidak terlalu cepat
  • Cepat dan lambat harus jelas
  • Dari kepala ke ekor lurus (si li ting ching)
  • Gerakan tidak terputus, pengenduran harus jelas (sung) di akhir gerakan
  • Gerakan mencapai posisi terjauh secara alami

Sistem pengajaran dilakukan secara beberapa tahap. Untuk tahap awal diajarkan Chan Chuang dan latihan-latihan Chikung dasar (nampaknya tercampur dengan Yi ChinChing shaolin). Kemudian berlatih Chan Seching untuk beberapa hari. Sekitar satu tahun dilatih rangkaian jurus Hsin Chia, pertama kali diajarkan sampai gerakan benar dan lebih banyak menghapal. lama kelamaan mulai diterapkan teori dan konsep tenaga yang dipelajari. kata kebanyakan orang ….

“Kendinya dibuat dulu, lalu baru airnya diisi”

sambil belajar rangkaian jurusnya, dilatih juga dasar-dasar Tui Shou (latihan berpasangan Taichi). Pertama kali diajarkan Tuishou satu tangan untuk mengetahui pola-pola dasarnya:

  1. Menyamping
  2. Menusuk
  3. Menekan

Kemudian diajarkan dengan dua tangan. Setelah itu diajarkan Tuishou dengan langkah berpola, kemudian Tuishou bebas ke arah mana saja. Kebanyakan orang mengira Tuishou seperti sparring biasa, padahal Tuishou adalah latihan sensitif, merasakan perubahan energi dan tenaga. Mengantisipasi serangan satu pola tenaga dg teknik tertentu. Dalam Taichi dikenal dengan 8 postur utama Peng, Lu, Chi, An, Chou, Li, Tsai, Kou. Dari kedelapan postur ini dilatih juga teknik melepaskan tenaga.

Terbagi dalam 2 bagian rangkaian jurus, Hsin Chian Yi lu, dan Hsin Chia Er lu (Pao Chui). Untuk bagian pertama, terdiri dari 75 jurus kurang lebih. Lebih soft untuk bagian pertama, kadang soft kadang eksplosif. Untuk bagian kedua, saya lupa kurang lebih tepatnya berapa jurus, tetapi rangkaiannya lebih pendek, gerakan sangat eksplosif hampir di setiap jurus. Latihan untuk bagian pertama kurang lebih menghabiskan waktu satu tahun untuk menguasainya, untuk bagian kedua agak lebih cepat. Mungkin sekitar 3-6 bulan.

144 Responses to TaiChi Chuan

  1. Christian Arthur says:

    Selamat pagi Pak, saya tertarik ingin latihan bela diri Taichi yang serius (dan bukan cuma sekedar senam), tetapi saya tidak tahu belajar di mana. Saya pernah dapat info untuk belajar privat, tapi harganya tidak terjangkau. Saya tinggal di Jakarta Selatan. Mohon pencerahannya, Pak. Saya benar-benar serius ingin belajar. Ini nomor saya: 021-27077343. Mohon diberi kabar. Terima kasih🙂

    • upmar102wong says:

      Halo Pak Christian, kalau tertarik bisa ikut latihan bareng kami. Saya gak pungut bayaran karena saya senang latihan rame-rame saja, dan bisa ada teman latihan berpasangan. Tapi resikonya yah perlu kesabaran, karena saya ngajarnya pelan-pelan dan mungkin akan membosankan kalo gak tergila-gila banget sama beladiri ini hehehe. resiko kedua, waktu saya yg sangat padat sehingga kita sangat jarang ketemu, dua minggu sekali, sebulan sekali belum tentu. kebanyakan teman-teman saya latih di tempat, terus mereka punya kesadaran melatih sendiri di rumah sampai ketemu lagi harus bagus. kalau enggak, mereka hanya akan mengulang-ngulang yang sama saat ketemu. kembali kesadaran mereka bahwa mereka harus bisa dan suka dan bisa memotivasi diri.

      • Christian Arthur says:

        Wah boleh tuh. Di mana nih tempat latihannya? Saya sih termasuk yang tergila-gila banget😀 dan saya juga termasuk yang sangat sibuk, jadi ga masalah kalo latihannya pelan2🙂

    • upmar102wong says:

      Di Senayan latihannya Pak Christian

  2. Bayu says:

    assalamualaikum. saya tertarik dengan bela diri ini, soft, dan down to earth, mohon bantuan technik dasar, seperti meditasi, seperti bagaimana mengambil nafas saat bergerak, oia sebenarnya saya adalah pelajar TaeKwondo. boleh saya tahu sedikit tentang mengalirkan aliran chi

  3. Fuad says:

    Salam Pak Christian,
    Saya Fuad, dari Banda Aceh.
    Ada nggak jaringan Bapak di Aceh yang mengajarkan Tai Chi atau mungkin ada tutorial lewat video dimana saya bisa belajar dirumah.
    tujuan utama saya lebih pada kesehatan

    terima kasih sebelumnya
    Salam
    Fuady

  4. Christian Arthur says:

    Wah di Senayannya sebelah mana tuh Pak, dan kapan aja?
    Saya sendiri sih saat ini sudah berlatih di daerah Grogol, tetapi kalo ada waktu saya pasti akan ke situ juga.

    • upmar102wong says:

      Pak Christ, kita latihan di senayan depan kolam renang. ini bukan perguruan, tapi teman2 yg punya minat ingin latihan, saya latih utk jadi partner latihan. lagian lebih enak latihan rame-rame sambil bercanda dan ngobrol2 hahaha … silahkan berkunjung Pak kalau ada waktu. Terima kasih atas waktunya ^_^

  5. hardan says:

    pak saya mau nanyak siapa yg di medan guru tai chi yg bagus dan utk pernh k cina belajar ilmu tersebut pak ini no hp saya pak mana tahu saya dapat impormasi dari bpak tentang guru tersebut karena saya paling gemar belajar ilmu tersebut pak.

    • upmar102wong says:

      Mas Hardan, mohon maaf, kalau di Medan saya gak tau infonya. Saya ada sahabat org Medan yg berlatih Taichi aliran Chen Manching. Kalau saya sempet ketemu nanti saya tanyain beliau. Terima kasih ya Pak commentnya ^_^

  6. hardan says:

    ho ia pak ini no hp saya pak08126514101

  7. adi says:

    pak, sy ingin brlatih taichi, tp sygnya sy tidak tau sama skali taichi, gmn solusinya.
    Mohon hubungi saya di 085852196164. Saya ingin brlatih serius

  8. Venisius says:

    Pak latihannya di senayan mananya yah? Saya juga tertarik dengan chen taichi chuan, thank u

  9. wilker says:

    Assalamu ‘alaikum Pak Wong…sy tertarik untuk belajar bela diri ini. Kalo di bandung kira2 saya bisa gabung di mana ya? Terima kasih pak

    • upmar102wong says:

      Wa’alaikumsalam Pak, saya udah dari 2001 gak di Bandung, jadi saya kurang tau perkembangan di sana hehehe… coba lihat-liat sabtu minggu di lapangan GOR Padjajaran, mungkin masih ada yg namanya Koh Chai Hung. Semoga membantu. Terima kasih

  10. wilker says:

    Oh gt, hehehehe…Ok inshaAllah nanti saya coba ke sana..Alhamdulillah, inshaAllah infonya sangat membantu. Terima kasih banyak Pak Wong

    • upmar102wong says:

      sama-sama Pak, kalau ngak salah ada yg baru latihan sama dia, gak baru juga sih udah beberapa bulan (6 bulan kali). dia tau dari saya juga hehehe… sukses ya Pak

  11. wilker says:

    saya blm sempat cek ke GOR Padjadjaran..inshaAllah mudah-mudahan akhir minggu ini bisa..sip, terima kasih informasinya..amin2, sama-sama Pak hehehehehe…

  12. vina says:

    salam kenal, saya tertarik belajar taichi dan saya tinggal di bandung, ada informasi dimana tempat berlatih? klo bisa minta juga contact person-nya, terima kasih

    • upmar102wong says:

      untuk latihan taichi di bandung, saya kurang tahu. soalnya guru saya juga bukan orang bandung, kita cuman perkumpulan orang yg latihan bareng. sekarang beliau sudah pulang ke balikpapan. coba lihat-lihat di GOR Padjajaran, dulu ada namanya Koh Chai Hung, beliau ngajar taichi aliran chen juga. terima kasih, sukses ya ^_^

  13. andika says:

    salam kenal shifu wong…
    saya belum pernah belajar bela diri sama sekali
    tapi saya ingin belajar tai chi
    kalau saya di Jakarta gimana ya cara daftarnya?
    apa ada nomor HP atau email yang bisa dihubungi?
    Thx

    • upmar102wong says:

      Mas Andika, jangan panggil shifu ah…. saya masih belajar koq. Gak perlu daftar, karena ini hanya perkumpulan penggemar beladiri yang latihan bareng saja. email saya ke upmar102wong@gmail.com aja yah. Belum tau nih jadwal latihan lagi kapan, saya sangat super sibuk sama kerjaan kantor T_T

  14. muhib says:

    kalo di surabaya di mana ya pak? saya pengen banget latihan. udah nyari2 belum dapet juga. Mungkin pak Martin bisa kasih petunjuk.terima kasih.

  15. Ayub PW says:

    Selamat Siang, mohon kalo ada jadwal latihan bersama lagi utk dikabari, kalo berkenan saya bersama istri ingin bergabung berolah raga bersama-sama. Email sdh saya kirim, terimakasih sebelumnya.

    Ayub

    • upmar102wong says:

      Pak Ayub, ok Insya Allah kalau latihan lagi dikabari. Kita belum sempet latihan bersama lagi. agak susah kumpul sejak pada berkeluarga hahaha lebih banyak latihan sendiri-sendiri

  16. Agung Kurniawan says:

    Salam kenal Mas, saya dulu pernah ikut latihan, sekitar th 1998-2000 di Jogja (UGM dan Atmajaya), kalo ndak salah diajari juga dasar-jurus wushu dan Taichi, tapi sekarang pindah tugas di Banda Aceh, dimana ya saya bisa melanjutkan latihan di Banda Aceh ? Trims, Salam

  17. Rhendy says:

    Salam pak wong,
    saya dari dulu sangat ingin belajar taichi. Apakah bapak punya kenalan guru tai chi chuan di medan? Boleh saya minta nomor hp-nya pak? Kira2 berapa ya biaya untuk latihan secara intensif ? Terima kasih untuk info-nya.

    • upmar102wong says:

      Saya punya sodara seperguruan org Medan yg latihan sama seorang guru di medan. tapi dia gak pernah mau kasih tau saya siapa gurunya hehehe. Maaf tidak bisa banyak membantu T_T

  18. sofyan says:

    wahhhhhhhhhhh…..mantap tuh……….sayang nya saya dari jawa timur mas……..jadi gak bisa latihan….. eh.ngomong2 bisa di transfer gak video latihannya ke kita…???????

  19. petrus says:

    selamat pagi Master Wong
    Salam kenal, saya Petrus, ingin ikut latihan Tai Chi
    mohon info lebih lanjut tempat serta jam latihannya serta syarat2 lainnya.
    email saya petrs.sby@gmail.com
    Terima kasih atas perhatiannya

    • upmar102wong says:

      Dimana lokasi Pak Petrus? itu “SBY” surabaya? Saya di Jakarta.
      jam latihan jam 9 sampe selesai hari sabtu biasanya. Syaratnya rajin sama sabar, soalnya latihannya lama dan membosankan, gak langsung ke jurus.
      Tidak ada biaya apa-apa soalnya ini hanya sharing pengetahuan sesama peminat

  20. Erwan says:

    Pak, apakah latihannya hanya di Senayan saja? Apakah ada di jakarta barat juga? Kalau di senayan, hari apa saja dan jam berapa? Takutnya di senayan agak susah mau ikut berhubung kerja dan ga tentu jam pulangnya..

    • upmar102wong says:

      Latihannya sebenernya gak terbatas dimana aja. Asal gak kejauhan dari tempat saya hehehe…. kalo hari kerja saya latihan sendiri, sisa waktu hari kerja lebih banyak saya habiskan bersama keluarga ^_^ saya hanya mau latihan bareng hari sabtu atau minggu yg akan disesuaikan jadwalnya🙂

  21. khafid says:

    wahh ane minat pak,,, saya di jakarta,,,,, bolehkah saya bergabung,,???? cuma hari sabtu yahh pak latihanya????

  22. susan says:

    kalau dimedan perkumpulan tai chi ini ada gk y pak?

    • upmar102wong says:

      di medan gak tau Mbak😦

      • Jansen says:

        Pak…saya berniat untuk belajar taichi scr serius. Apakah saya bisa ikut berlatih dibawah bimbingan Pak Martin?

      • upmar102wong says:

        Boleh, email saya japri ya. Latihan fundamentalnya lama, membosankan dan capek (beberapa org ngerasa berat). Saya gak bakal ngajarin jurus, gak bakal ngajarin teknik berkelahi sampai fundamentalnya bagus. Saya tidak suka metode saya diprotes, diinterupt, tidak suka juga direngek2 minta ajarin jurus. Sorry saya sampaikan pahitnya dulu ya. Terima kasih

  23. boncil says:

    saya sebenarnya pencinta olah raga beladiri dulu sy pernah ikut karate smp ban hitam dan 1m tp sdh lama gak aktif, sekarang sy mau ikut latihan tai chi sama bpk, apa bisa? trs kalau mau joint gmn caranya? yang di senayan masih? trm ksh

    • upmar102wong says:

      sudah gak latihan di senayan. di rumah saya, bisa aja ikut. email saya aja kalo minat. latihan fundamentalnya lama. saya ga bakal ajarin jurus dan cara berantem dalam waktu lama sampai fundamentalnya matang. latihan membosankan dan capek awal2nya. saya gak suka metode saya diinterupsi atau direngek2 minta jurus jika menurut saya belum matang. maaf kalau saya ngomong pahitnya dulu ya. Terima kasih

  24. rudi says:

    master wong, saya mau nanya apakah TAI CHI CHUAN itu sama dengan TAIJIQUAN ?
    kalo di surabaya adanya kan ASOSIASI TAIJIQUAN NASIONAL INDONESIA (ATNI), kok bukan ASOSIASI TAI CHI CHUAN ya ?
    terima kasih sebelumnya

    • upmar102wong says:

      Mas Rudi, sama aja. TAIJIQUAN itu penulisan transliterasi metode pinyin (metode standarisasi RRC). TAI CHI CHUAN itu berdasarkan bunyi (pronounce).
      Dalam pinyin JI itu bunyinya mirip CHI, QUAN itu mirip CHUAN. B bunyi P, D bunyinya T, J itu CH, Z itu mirip C. Soalnya walau penulisan transliterasi sama bisa beda makna, makanya dibedain pake metode pinyin. TAIJIQUAN tetap dibacanya TAICHI CHUAN🙂

  25. Hery says:

    Yth Pak Wong,
    Saya pernah membaca buku Tai Chi Chuan terbitan Pioner Jaya Bandung, yang ditulis oleh Ong Chun Hoo dan Ricko Kandaus, isinya sangat menginspirasi, sehingga saya coba mengikuti panduan yang ada pada buku tersebut.
    Mohon info apakah di Samarinda Kalimantan Timur, ada perkumpulan Tai Chi ?
    Terimakasih bantuannya dan salam.

  26. wira yudha says:

    saya juga mau ikut gabung tapi sayangnya, saya tinggal di makassar.

  27. uti says:

    assalamualaikum pak..saya jugatertarik belajar taichi setelah nonton film taichi zero dan taichi hero. kalau dijogja ada tidak ya, tempat belajar taichi?trims.

  28. agil says:

    permisi klo boleh, kbarin2 pak klo ada latihan ramai2 yg sesuai appointment,
    saya ingin coba berlatih
    trims

    • upmar102wong says:

      boleh, email saya saja. cuman lebih baik dipikir2 dulu karena latihan sama saya membosankan dan lama prosesnya. saya tidak akan mengajarkan jurus2, cara berkelahi sebelum fundamentnya bagus. saya gak suka metode saya diinterupsi, saya gak suka direngek2 minta jurus. kalau ini sampai terjadi secara sepihak saya hentikan latihan dan saya usir dari grup latihan

  29. rizki says:

    pa saya di banung saya ingin memulai latihan taichi dr dulu tapi bingung latihan dimana dan sama siapa.. saya masih awan.. mohon infonya ya di 085722100087

  30. rizki says:

    pa saya di bandung saya ingin memulai latihan taichi dr dulu tapi bingung latihan dimana dan sama siapa.. saya masih awam.. mohon infonya ya di 085722100087

  31. Herry says:

    pak, kalo di surabaya, ada g kelompok seperti bapak? kalo ada, dimana alamatnya? terima kasih

  32. ikhsan says:

    aslmkm..Mau nanya pak, apa punya chanel utk latihan di kota Pontianak Kal-Bar?

  33. fux2005 says:

    Halo pak,
    kalo untuk bela diri lebih bagus Chen style atau Yang style ya?
    kalo di semarang dimana ya mau belajar Tai Chi baik Chen maupun Yang Style?

    • upmar102wong says:

      Sama aja Mas, tergantung sukanya kemana, cocoknya kemana. Bukan beladiri yg bikin hebat, beladiri bagus, sistemnya bagus tapi kalau orgnya gak latihan bener2, ga dipraktekin ya hasilnya gitu gitu aja hehehe😀 di semarang gak tau. coba gabung ke ATNI (Asosiasi Taichi Nasional Indonesia), ke FB Group-nya.

  34. juliandi says:

    Om mw tnya ,kl w mw latihan di daerah bandung / Cimahi ada gk infonya ?? mw belajar,tks

  35. A.K. Anwar says:

    Pak Martin, saya tertarik untuk belajar tai chi. Ngak apa2 latihannya lama…karena targetnya kesehatan. Saya ingin e-mail pak Martin tapi bingung karena tidak menemukan alamat e-mailnya (maklum agak gaptek)…Untuk itu saya mohon alamat e-mail Bapak untuk dapat berdiskusi lebih lanjut. Terima kasih banyak

  36. guruh says:

    pak martin saya sangat tertarik dengan tai chi karena gerakan-nya sangat halus, penuh makna dan seni kebetulan saya jg suka filosofi Lao zi, Nah saya mau tanya badan saya ini kurus +/- 50 kg apa bisa berlatih tai chi? jika berlatih tai chi apa boleh berlatih falun qong?
    kalau boleh saya minta alamat tempat bapak mengajar? kalau saya di jakarta timur..

  37. Ica says:

    Maaf, saya mau nanya, kalau di jogja. ada nggak yach…??

  38. bagas says:

    pagi pak wong, saya dari bekasi, berminat sekali dengan beladiri ini. kira kira kapan akan ada latihan bersama lagi? oh iya, saya sudah kirim email.. ditunggu balasannya

  39. daddy says:

    selamat pagi pak wong, mohon maaf sy dr surabaya, apakah di surabaya ada cabangnya pak? sy tertarik dg senam tai chi-nya pak? mohon infonya pak

  40. wahyou says:

    Salam, dmna sya bisa berlatih taichi n ama siapa. Sya tinggal dijogja, sya sgt perlu bljar ini krena ingin menyeimbangkan energi chi yg berpusar di tubuh sya mhon infonya pak, salam
    Hub sya 081347111205

  41. abiyasa says:

    maaf sebelumnya latiannya di senayan di sebalah mananya mas? terus hari apa dan jam berapa terima kasih

  42. Siang pa, saya juga tertarik untuk belajat tai chi, minat banget gitu. tapi saya tak pernah belajar beladiri sebelumnya. Apakah bapak ada referensi area kursus tai chi di jakarta barat tapi murah ?
    Terima kasih

  43. Rian says:

    Hallo pak Wong, salam kenal saya Rian.
    Saya termasuk yang menyukai Tai Chi karena gerakannya yang lembut dan seperti meditasi berjalan. Saya ingin sekali mempelajarinya secara serius tetapi sampai sekarang belum menemukan tempat atau orang yang bisa mengajarkan secara mendalam.
    Saya pernah mengikuti senam Tai Chi di beberapa tempat tapi rasanya kok feelnya kurang atau ada yang ngga mengena karena saya hanya mengikuti gerakan2 yg diperagakan tanpa mengetahui apakah gerakan yang saya lakukan benar atau tidak.
    Sayang lokasi pak Wong jauh dengan lokasi saya, saya ada di daerah Serpong BSD. Mungkin pak Wong tahu dimana saya bisa belajar Tai Chi secara mendalam di sekitar Serpong BSD.
    Ini email saya: rjcoolz2004@yahoo.com. Terima kasih.

  44. Pak, saya tertarik dengan seni bela diri ini. Karena bela diri ini sangat bagus…!

  45. aulia ilham says:

    selamat sore pak wong
    saya ilham mau tanya
    tempat latihan taichi untuk beladiri yang untuk didaerah tegal / atau pekalongan ada engga
    klo berkenan mohon emailkan alamatnya ke : olabanget@gmail.com / 085832779990

  46. Sam says:

    Kalau di daerah bekasi ada latihannya tidak pak?

  47. Chunardi says:

    Selamat siang pa chris saya di Bogor jabar saya mau tanya apa ada dvdnya tai chuan yang bisa belajar tenaga dalam? Apa ada cabangnya di Bogor? TQ

  48. Chunardi tirtajaya says:

    No HP saya kalu sempet kabarin saya TQ

  49. Singgih Purnama says:

    Pak, apakah masih ada latihan Tai-Chi, saya tertarik no telp 08988994695🙂 di Senayan dimana Pak, boleh minta tolong sms?🙂 thx

  50. iwan says:

    slmt pagi pak martin, saya tertarik untuk latihan taichi, saya tinggal di daerah rawamangun, kalo boleh tau gor nya dimana lalu jadwalnya juga, tlg di kabari di no 081210455468, tq

  51. hasan says:

    maaf nih..alamat tempat latihannya d mana ya pak?

  52. alvin says:

    Halo pak martin. Cm mau share aja mgkn bgsnya taichi ga cm bljr dri sisi bela dirinya sj tp jg aspek kesehatannya sesuai dgn filosofinya yin yang, keras dan lembut. Tui shou perlu banget ya di taichi? Makasih

    • upmar102wong says:

      di kita belajar beladiri dan kesehatan, karena suatu sistem yg komprehensif. setiap peserta bisa mendapatkan sesuai apa tujuan mereka bergabung untuk latihan. latihan tuishou perlu, untuk menajamkan feel, mempraktikan teori bersama partner latihan. intinya dari tuishou sebenernya saling membantu (team work) bukan menang kalah tarik2an dan dorong2am. terima kasih

  53. handoko says:

    kalau di Tegal adakah untuk kelompok latihan bersama, yang usia 40 tahun an.
    makasih pak.

  54. Nandi says:

    Pak Wong saya mau tanya latihan Tai Chi di Solo dimana ya?Nuwun

  55. Jusuf Setiadi says:

    Sangat menarik.
    Bagaimana caranya untuk ikut pak?
    Terimakasih

  56. kurniawan says:

    master wong,saya sangat ingin belajar taichi mengingat manfaatnya bnyk!Disamping untuk beladiri aspek kesehatan jg mengena!Mau tny kalo belajar lewat kaset video bs ndak mengena fillnya?Ada jg sasana wushu kn jurus taichinya itu rekomended gak ke taichi tradisional beladiri?trimaksih pak sy tunggu jawabanny

  57. Andy says:

    Saya mau tanya.. taichi aliran apa yang diajarkan di sini?
    Saya ingin belajar dan saya berada di daerah cengkareng. Terima kasih.

  58. Glenn j. Rumawas says:

    Selamat pagi Sifu Wong, Saya sdh baca keterangan Sifu diatas dan sangat tertarik belajar utk kesehatan saya karena sdh bertahun-tahun tdk pernah olahraga sedangkan umur sdh hampir 60. Kalau boleh tau biayanya berapa ya? Terima kasih sebelumnya. Salam, Glenn.

  59. faris says:

    pak saya ingin belajar taichi saya dari kelas satu smp sudah tergila fila dng taichi tp rumah saya salatiga ada nggak guru taichi di salatiga ini no hp saya 085876450871

  60. Rony Saputra says:

    assalamualaikum sifu…mau tanya nih, manfaat kuda2 taichi yg seakan bawa 3 bola itu apa? bagaimana yg benar melakukannya? mohon petunjukknya…saya Taiji Lover

  61. Anggi says:

    Pak Wong, saya sedang mencari instruktur Taichi untuk mengajar di kantor saya setiap jam 7 pagi hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat. Mungkin Bapak bisa membantu? Atau bisa memberikan rekomendasi untuk instruktur Taichi yang lain. Terima kasih.

  62. michi says:

    pa sebenernya taichi itu udah bisa pas umur brp pak apaiya remaja juga bisa??
    makssih

  63. rosyid says:

    Pak mau nanya untuk daerah tangerang selatan ada tidak??

    • upmar102wong says:

      kurang tau untuk daerah tangerang selatan pak rosyid. terima kasih

    • upmar102wong says:

      belum ada di tangsel. beberapa anggota kami yg dari tangsel dan sekitarnya. dari bogor, depok, bekasi, bahkan bandung sudah hampir 2 tahun ini tiap minggu datang latihan. insya Allah bagi mereka bermanfaat dan mendatangkan kelebihan sehingga mau berkorban jauh2 datang tiap minggunya 😊

  64. sobar says:

    Saya berminat latihan taichi untuk kesehatan. Saya dosen di IKJ. Bgm dan dimana bisa sy kunjungi. ?

    • upmar102wong says:

      Selamat Pagi Pak Sobar,

      Bapak bisa lihat ke http://perguruanenergialamsemesta.com/schedule.html

      elanggang Olahraga Jakarta Timur (Velodrome)
      JL. Pemuda Rawamangun, Gedung Pengelola Lt. 2

      Kelas : Taichi (TQ01)
      Waktu : Sabtu, 08:00 s/d 10:00 Pagi

      Gelanggang Olahraga Jakarta Timur (Velodrome)
      JL. Pemuda Rawamangun, Gedung Squash

      Kelas : Bajiquan (BQ02) dan Taichi (TQ02)
      Waktu : Rabu, 19:00 s/d 21:00 Malam

      Bisa kontak ke 0815 9396 1233. Terima kasih Pak Sobar

  65. David Eliazar Hardy says:

    Selamat sore gan saya mau nanya kalo latihan di senayan tepatnya di GBK kah, biasanya jam brp gan, thx before

    • upmar102wong says:

      malam,

      di GBK sudah tidak ada gan.
      Kami sekarang hanya latihan di :
      GOR Velodrome, gedung pengelola lt 2. Sabtu Jam 8-10 pagi
      Gedung KNPI Rawamangun. Kamis jam 7-9 malam atau Minggu Jam 8-10 pagi

      Terima kasih

  66. abi_kurtubi says:

    Selamat malam pak, saya mau ikut latihan kelas taichi bagaimana caranya dan apa saja syaratnya

    • upmar102wong says:

      Tinggal datang saja pak, pakai baju olah raga dan sepatu olah raga ….

      Tempat : Di Gedung KNPI Rawamangun, Jalan Velodrome No.65, Pulo Gadung. 2x seminggu.
      Waktu :
      Setiap Kamis, 19.00 s/d 21.00 WIB
      Setiap Sabtu, 08.00 s/d 10.00 WIB, 14.00 s/d 16.00 WIB
      Gratis Trial 1x kehadiran!!
      Buruan quota terbatas HANYA 20 ORANG setiap kelas-nya!
      Informasi lebih lanjut, hubungi:
      Pin BB: D2191EEC
      Telp : 0815 9396 122

      http://www.perguruanenergialamsemesta.com
      http://www.indonesiabajitaichi.com
      FB Fans Page :
      Perguruan Energi Alam Semesta-宇宙混元氣武館
      FB Group : Forum Komunikasi Kungfu Bajiquan
      Twitter : @peasindonesia
      IG : @peasindonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s