Tentang Islam

Assalamu’alaikum warahmatuLlahi wabarakatuh,

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Saya insya Allah muslim sejak lahir, namun demikian sebelumnya saya kurang merasa tertarik untuk mempelajari Islam sebagai keyakinan yg sudah saya peluk sejak kecil. Selesai kuliah, ada beberapa kejadian yg menarik saya untuk masuk lebih dalam ke dalam keyakinan saya ini. Berawal sejak kurang lebih 2002/2003 saya mulai bergabung dengan Mesjid Laotze Jakarta, tujuan saya sederhana “mau beli CD audio” katanya jualan CD “Suara Hati Mualaf”, katanya juga isinya lagu-lagu islam dg lantunan iringan instrument Tionghoa. Saya pikir unik juga, jadi saya mau beli satu.

Datang ke Mesjid ini, dan menjumpai kehangatan para remaja mesjid tersebut. Dari tadinya cuman mau beli CD Audio terus pulang, akhirnya “stuck” di sini gara-gara diajak ngobrol ngalor-ngidul. Perasaan waktu itu, mereka seperti sahabat-sahabat yg sudah lama saya kenal. Akhirnya ini memancing saya datang dan datang lagi. Saya terlibat dengan milist Mualaf Indonesia dan banyak bertukar pikiran dengan rekan-rekan di situ. Alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapat di situ hingga sekarang saya masih bergabung dg milist tersebut.

Begitu juga dg sahabat saya, yg cukup lama bersahabat dengannya. Banyak kami bertukar pikiran tentang keislaman, dia juga banyak mengupdate pengetahuan saya tentang Islam…Terima kasih buat Hamdi.

Saya terus ke Mesjid ini hingga tahun 2007 saya bertemu jodoh saya, istri saya tercinta yang mendampingi saya dengan setia hingga saat ini.  Namun tiada henti dan tiada bosan saya mencoba menggali Islam lebih dalam, terinspirasi dengan Mr. Jeffrey Lang, seorang warga negara Amerika yang Professor Matematika dan Muallaf. “Kritisi Islam, insya Allah Islam akan menjawab rasa ingin tahu kita”. Saya tidak pernah ikut pengajian secara formal dan rutin. Namun Alhamdulillah saya banyak baca buku-buku keislaman, literatur Islam dan banyak diskusi keagamaan dengan sahabat-sahabat di milist dan di Grup Facebook. Banyak menjumpai mualaf, beberapa diantaranya menjadi sahabat kami. Dari Cyber bertemu di dunia nyata.

Cara belajar saya yg independent namun demikian saya mencoba mengikuti pemikiran Ulama-ulama juga, bukan Liberal. Saya tulis artikel di milist,dan di Group. Menunggu jika ada feedback atas tulisan saya, akan menjadi hal yg bermanfaat buat saya jika tulisan saya di koreksi oleh sahabat-sahabat saya. Saya sendiri gak mengikrarkan diri terikat pada Mahzab atau golongan manapun. Saya hanya muslim yg mencoba mengikuti Rasulullah dan Sahabatnya saja. Gak jarang saya dapat fitnahan, cercaan bahkan sampai hujatan.

Namun demikian hal ini tidak memupuskan semangat saya untuk terus mempelajari Islam, tetap berusaha berbuat baik sebisa saya. Memperbaiki diri sedikit demi sedikit dengan hal-hal kecil yang insya Allah bisa membuat perubahan paling tidak pada diri saya sendiri. Seringkali saya menulis di milist atau Facebook Group hal-hal sepele menurut kita, tapi itu terjadi sehari-hari disekeliling kita.

Kiranya saudara-saudara saya dapat bertukar pikiran, melengkapi kekurangan saya dalam mendalami Islam ke depannya melalui tulisan-tulisan saya yang mungkin terkadang biasa atau sepele. Karena tujuan saya, murni mengisi kehausan ilmu saya akan keyakinan saya yaitu Islam. Insya Allah. Semoga Allah SWT membalas kebaikan anda untuk berbagi ilmu kepada saya. Terima kasih.

8 Responses to Tentang Islam

  1. adi andono says:

    Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Dan tidaklah Aku (Allah) ciptakan manusia berbangsa-bangsa, kecuali untuk saling mengenal.

    Salam kenal saudaraku fillah. Saya Adi Andono, 35 tahun tinggal di D.I. Yogyakarta Indonesia

    Menjadi salah satu harapan/do’a saya untuk bisa mengenal lebih dekat saudara saya dari etnis tersebut Tiong Hoa/Hokyan dan yang lain yang beraktivitas di masjid tsb. Liputan sepintas mengenai Masjid tsb pernah saya lihat di TV beberapa Ramadhan yang lalu. Saya juga bermimpi bisa bersilaturahim ke Zin Ciang (semoga tak salah tulis) China bertemu saudara muslim disana. Kalau tak salah dinegeri ini dimakamkan salah satu sahabat Rasulullah SAW. Bahkan fakta sejarah yang saya tahu, ajaran Islam lebih dulu masuk ke daratan China sebelum Nusantara. Wallahu a’lam.

    Dari saya yang ingin menjalin persaudaraan, saling menyayangi karena Allah dalam bimbingan sunnah RasulNYA dengan mengikuti pemahaman salafus sholih tiga generasi awal ummat ini dan generasi sesudahnya yang mengikutinya. Semua muslimin bersaudara.

    Salah kata mohon dimaafkan. Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    • upmar102wong says:

      Wa’alaikumsalam wr wb Pak Adi,

      Salam kenal (lagi) hehehe… soalnya udah kenalan di facebook. Insya Allah saya ajak teman-teman mesjid saya itu ke blog ini, nanti saya coba kenalin mereka ke Pak Adi insya Allah. Insya Allah keinginan Pak Adi ke Xin jiang (Xin chiang) bisa tercapai, saya juga belum pernah ke sana, tapi banyak denger-denger cerita dan baca-baca buku tentang xin jiang aja hehehe….

      Islam secara historis, jauh lebih dulu masuk ke tiongkok daripada Indonesia. saya baca buku “Catatan Melayu” – de Graff, catatan sejarawan belanda mengenai sepak terjang masuknya Islam di Indonesia. ada kesalahan yg diajarkan guru-guru Sejarah kita di bangku SD/SMP/SMA, kalau Islam dibawa oleh pedagang2 Arab dan Gujarat ke Nusantara. Padahal penyebaran semacam itu hanyalah minor, kebanyakan dipesisir pantai seperti Aceh, Sumbar, dan Lampung.

      Namun kebanyakan pengaruh terkuat melalui hubungan diplomatik dan pengiriman ulama-ulama tiongkok pada masa kerajaan. karena mereka juga pada akhirnya banyak terlibat dalam urusan politik dan pemerintahan, apakah itu pemerintahan hindu atau islam pada masa itu. bahkan terjadi perseteruan dua kubu mahzab saat itu.

      semoga kita bisa mengikat erat silaturahmi kita melalui dunia maya ini. dan satu sama lain bisa membantu dalam peningkatan kualitas diri, iman dan ketaqwaan. amin.

      Al Hujuraat 10. Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

      Hadis riwayat Anas bin Malik ra.:
      Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Janganlah kamu saling membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara. (HR Muslim)

      mohon maaf kalau ada salah2 kata, kebenaran milik Allah semata.
      terima kasih Pak.

      Wassalamu’alaikum wr wb

  2. amin says:

    Assalamu alaikum ko martin…..salam kenal dan salam silaturahmi ya…..mantabs blognya… segini dulu, lain waktu lanjut…..

    • upmar102wong says:

      Wa’alaikumsalam wr wb

      Mas Amin,
      salam kenal dan salam silaturahmi. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. semoga bisa mengambil manfaat ya mas dari informasi yang ada.
      masih belum sempet isi lagi nih, sibuk sih hehehe….

      Wassalam

  3. joko says:

    kok lama gak muncul di fb …?

  4. mega says:

    assallamualaikum pak saya ingin tanya untuk daerah bandung saya bisa belajar tai chi dimana yah

    • upmar102wong says:

      Wa’alaikumsalam Mbak Mega,

      Kami belum ada taichi di Bandung, tapi ada kelas kungfu pernapasan di Graha Minnan, Jl Kebon Jati 248. Latihan setiap selasa, jam 19.00 – 21.00. Bagus juga latihannya relaksasi dan ada pernapasan. Jika berminat bisa menghubungi bagian administrasi +62 818-0955-8889, William Lin Jin Feng.

      Terima kasih atas minatnya.

      Salam hangat,
      Martin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s